Senin, 11 April 2011

Mengenal aneka CREAM/ Krim



SERBA SERBI KRIM

Perbedaan aneka jenis krim hanya terletak pada kandungan lemaknya. Makin tinggi kandungan lemaknya, makin gurih rasanya.

Krim encer (cream)
Disebut juga krim segar. Kandungan lemaknya 18-25%. Tidak bisa dikocok hingga kental, lebih cocok untuk campuran kopi, puding, sup.

Krim kental (thick cream)
Krim berbentuk cair dengan kandungan lemak 36-48%. Krim ini paling bagus, karena cepat kental jika dikocok. Banyak digunakan untuk menghias kue, campuran masakan atau hidangan penutup.

Krim Kocok (whipped cream)
Krim berbentuk cair, kandungan lemaknya 30-35%. Meskipun kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, masih bisa dikocok sampai mengeras.

Krim kocok siap pakai
Krim dalam bentuk sudah terkocok. Rasanya agak manis, dijual dalam kemasan tabung. Banyak dipakai untuk menghias es krim, kopi, milk shake.

Krim Asam (sour cream)
Krim encer yang difermentasikan. Rasanya asam gurih. Dicampurkan ke dalam masakan seperti sup atau saus. Bisa dibuat sendiri : kocok 250 ml krim encer dengan 1sdt air jeruk nipis atau cuka. Campurkan 250 ml krim encer lagi. Diamkan 24 jam di tempat sejuk, lalu simpan 24 jam dalam lemari es.

Krim bubuk
Seperti susu bubuk. Untuk menggunakannya, selalu tambahkan susu dingin atau air es, lalu kocok dengan mikser hingga berupa krim yang kental. Selama masih berbentuk bubuk, krim ini tidak perlu disimpan dalam lemari es.

Chantilly Cream
Krim ini paling sering digunakan untuk melapis kue atau disemprotkan sebagai hiasan di atas cake atau pudding. Chantilly cream tak lain adalah krim kocok (whipped cream) yang diberi gula dan aroma/essense. Bahannya 125 ml krim kocok+1sdm gula kastor+ 1sdm rum/orange liqueur (grand marnier).

Istilah – istilah krim
Setiap negara punya istilah untuk membedakan krim encer dan krim kental. Orang Inggris menyebut krim encer single cream, sedang kan krim kental disebut double cream. Sedangkan orang America, menyebut krim encer Light Cream dan Thick cream untuk krim kental. Agar lebih pasti perhatikan kandungan lemak yang tercantum di kemasannya.

MENGOCOK KRIM
Untuk membuat krim kocok sendiri tidak sulit. Yang penting dinginkan dulu semua bahan dan peralatan yang akan dipakai dalam lemari es/freezer, karena krim mudah mencair pada suhu tropis.
Krim sangat mudah dipadupadankan. Buah buahan segar, hidangan penutup ataupun minuman berhias krim akan membuat hidangan lebih istimewa. Misalnya, Dessert buah yang istimewa.
Cuci dan bersihkan stroberi. Potong memanjang menjadi 4. Kupas kiwi, belah menjadi 4 setebal ½ cm. Masukkan dalam gelas berkaki, semprotkan chantilly cream di atasnya. Hias bibir gelas dengan potongan kiwi dan stroberi. Coba juga dengan buah buahan lain seperti mangga, pir, peach.

TIPS:
  • Jangan terlalu lama mengocok krim agar tidak pecah dan berubah menjadi mentega, akibat suhu panas pengocok. Jika hal ini terjadi, gunakan untuk campuran masakan.
  • Sebelum digunakan, simpan krim kocok dalam wadah tertutup di lemari es. Krim akan tetap bagus selama 6 jam.
  • Untuk yang harus berdiet kolestrol, tersedia krim kocok dari lemak tumbuh tumbuhan (non kolesterol)
Sumber: Primarasa
Sumber: http://ncc.blogsome.com/2005/09/18/serba-serbi-krim/

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
ANEKA KRIM
Krim yang tepat bisa membuat sajian terasa lebih nikmat dan membuat tampilan sajian lebih enak dipandang. Tapi Anda perlu tahu juga krim-krim apa yang tepat guna. Berikut keterangannya:

1. Krim Kental
Berkadar lemak di atas 36-48 persen dan tersedia di pasaran dengan nama seperti double/heavy cream (Inggris) dan thick cream (Amerika). Warnanya putih bersih, bertekstur lebih kental dari susu cair. Umumnya digunakan sebagai campuran dalam sup, saus, minuman, dessert, maupun ganache.

Bila dikocok sampai kaku, disebut whipped cream dan dijual dalam kemasan tetra pack (200ml-1 liter). Selalu simpan dalam lemari pendingin dengan tertutup rapat agar tahan lama.

Ada pula krim bubuk warna putih untuk pengganti krim kental cair dan lebih tahan lama di suhu ruang. Campur dengan air dingin atau susu cair dingin lalu kocok dengan mixer sampai kaku. Biasa digunakan untuk menghias cake dan puding.

Jenis lainnya adalah krim kocok kalengan (canned cream) yang digunakan untuk hiasan topping pada dessert, minuman, atau kue.


2. Krim Cair
Krim cair (fresh cream) ini mengandung lemak yang sangat rendah. Karena itu, jika dikocok tidak akan mengembang atau kaku, dan biasanya digunakan sebagai campuran seral, kopi, atau campuran dalam kuah sup dan bahan kue. Tersedia juga cream half and half, campuran antara krim dan susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah namun fungsinya tetap sama.

3. Krim Asam (Sour Cream)
Rasanya asam tapi gurih (hampir sama dengan yogurt). Namun jangan mengganti sour cream dengan yogurt, ya. Bicara soal bentuk, sour cream kental dengan warna putih bersih. Di pasaran dijual dalam kemasan cup sangat nikmat untuk campuran saus, sup, cake, masakan unggas atau ayam, dan hidangan laut.

4. Non-dairy Cream
Berasal dari lemak nabati (kelapa sawit) yang merupakan alternatif krim dan tidak mengandung susu sama sekali. Unik, ya? Ia cair dan manis, sehingga tak perlu lagi tambahan perasa. Krim ini sangat mudah digunakan dan lebih tahan di suhu ruangan juga pas digunakan untuk menghias dessert.

5. Cream Cheese
Padat seperti keju lunak yang memiliki rasa sedikit asam. Cream cheese merupakan keju segar yang tidak melalui proses penyimpanan lama dan tersedia dalam berbagai jenis sesuai kandungan lemaknya. Keju ini sangat nikmat digunakan sebagai bahan tambahan untuk dessert, seperti cheese cake, filling pie, atau dimakan bersama buah-buahan. Tersedia dalam berbagai rasa dan aroma, seperti aroma bawang putih sehingga rasanya lebih spicy.


Sumber : Kompas.com 

SUmber http://wulan-aza.blogspot.com/2010/06/aneka-krim-penambah-selera.html 

-------------------------------------------------------------------------------------------------

APA ITU KRIM KENTAL..?

Krim kental adalah double cream atau kepala susu dengan kadar lemak susu lebih dari 40%. Merknya ada President, Elle & Virre, Roselle dan banyak lagi. Bisa dibeli di pasar swalayan besar. Bentuknya cair, agak kental seperti susu dan dikemas dalam karton.

Krim kental itu 'thick cream', biasanya bentuknya cair, kemasannya dikardus mulai dari ukuran 150 ml sampai yang 1000 ml (merek2 yg ada biasanya 'anchor','elle & vire' ato 'president') - belinya di supermarket besar kaya hero & carefour. sering dipake buat bikin desert (hidangan penutup) dll.

Tambahan pula:
Dipasaran bisa kita temukan sedikitnya 4 jenis Krim (sebetulnya masih banyak lagi).Yang membedakan jenis krim antara lain adalah lemak yang dikandungnya dan proses pembuatannya.Krim yang dibagi berdasarkan kandungan krimnya adalah:

1. Double krim kandungan lemaknya 48 % dan rasanya amat gurih.
Bila dikocok akan mengembang 2 kali lipat.Biasa digunakan untuk
melapisi kue,dicampur untuk kopi,coklat dan untuk campuran puding.
Mereknya macam-macam ada Elle,Bulla,Pauls dll.

2. Whiping Cream
Kadar lemaknya sekitar 35 %,sehingga kalau dikocok juga akan
mengembang 2 kali lipat.Biasa digunakan untuk melapisi kue atau
tambahan minuman.Dijual dalam kemasan bubuk atau tetra dan sprayer
yang siap digunakan dan tidak perlu dikocok.

3. Sour Cream
Jenis krim ini dibuat dengan proses fermentasi hingga rasanya asam.
Gurihnya tetap menonjol sehingga cocok dibuat untuk campuran
Cheesecake atau hidangan yang membutuhkan rasa asam tapi gurih.
Sour Cream tidak sama dengan yoghurt yang jauh dari rasa gurih.

4.Thickened Cream
Adalah krim yang diberi pengental karena itu sering disebut krim kental.
Biasa digunakan untuk campuran membuat kue,memperlezat sup,dessert
atau bisa juga disantap dengan buah segar.

5.Single Cream
Kadar lemaknya cuma 18 %.Biasa digunakan untuk campuran cereal,
menambah kelezatan sup,kue,dessert atau campuran buah segar.
Karena kadar lemaknya tidak setinggi krim-krim diatas,maka single cream
tidak akan mengembang bila dikocok.Karena itu single cream tidak bisa
digunakan untuk menghias kue.

Krim-krim ini harus selalu disimpan dalam kulkas.

Sumber: Yahoo. 
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Aneka Macam Krim untuk Lapisan Cake:

*BUTTER CREAM:
Bahan: Butter dan Gula Tepung dengan Perbandingan sama.
Cara membuat: bahan do kocok sampai lembut.
tips:
- jika menginginkan aroma dan rasa tinggal ditambahkan pewarna dan aroma.
- pilih pewarna yang food colour yang baik, sehingga hasil warna bisa rata dan tidak berbintik.
- sifat butter cake ini lebih tahn dan tidak gampang meleleh untuk hiasan cake.

*WHIPPED CREAM:
umunya krimnya berbentuk cair atau seperti susu cair putih namun lebih kental, dengan kandungan lemak 36-48%. krim ini paling bagus, karena cepat kental jika di kocok. banyak digunakan untuk menghias kue atau hidangan penutup. meskipun kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, masih bisa di kocok sampai mengeras.
Bahan yang digunakan adalah : mentega putih, gula halus dan di tambahkan sedikit susu kental manis. untuk lebih praktisnya, sekarang sudah banyak dijual krim kocok (whipped cream) yang siap pakai. rasanya agak manis dan dijual dalam bentuk tabung.

Tips:
-Pengocokan whipped cream jangan terlalu lama. jika sudah kental dan kaku langsung gunakan.
-karena sifat whipped cream mudah meleleh, jadi setelah disemprotkan di atascake,sebaiknya disimpan sebentar di dalam lemari es sehingga sedikit mengeras.

*GANACHE
nama ganache diambil dari bahasa prancis ini adalah campuran krim dengan cooking chocolate yang dimasak perlahan diatas api kecil sambil di aduk hingga rata. sifat dari ganache mudah mengeras tpi tidak keras sekali seperti coklat.selain itu ganache sangat mudah di bentuk sesuai model yang diinginkan.


sumber: file:///D:/%23/Documents%20and%20Settings/USER/My%20Documents/dapur%20memasak/butter-cream-whipped-ganache-krim.html 

---------------------------------------------------------------------------------------------------

RESEP BUTTER CREAM

Banyak sekali resep butter cream yang saya dapatkan dari milis NCC, tapi maafff... tidak semua saya coba, karena ada beberapa bahan yang tidak bisa saya dapatkan disini.
Jadi butter cream yang saya gunakan hanya dengan resep standart saja, yaitu mentega putih, gula cair, dan susu kental manis. kadang2 saya tambahkan sedikit vanila essen kalo punya .. ehehe kalo enggak ya vanila bubuk satu bungkus.

resep butter cream ke satu:
1kg mentega putih
1klg susu skm
50ml gula cair

resep butter cream dari buku NCC:
1kg mentega putih
600ml gula cair
1klg susu skm

Untuk resep yg pertama akan didapatkan butter cream yang agak kaku sehingga enak kalo buat mawar.
Untuk yang kedua lembut banget, enak kalo buat poles.
file:///D:/%23/Documents%20and%20Settings/USER/My%20Documents/sajian%20sedap/Resep%20Kue%20dan%20Tips%20salma%20loyang.htm
-------------------------------------------------------------------------------------------------------


(1) Resep Buttercream ala Ani Lizzarni

Bahan:

250gr Mentega putih tawar
Catatan: kalo mau lebih enak ganti ½ mentega putih australi dengan Hollman Softcream
125ml susu kental manis
3sdm air garam
catatan: didapat dari 1 sdt yang dilarutkan di 1 cangkir air, aduk rata, lalu ambil 3 sdm
100gr gula pasir direbus dengan air garam
1sdm pasta vanili (Red Bell)

Cara membuat:
- Gula dicampur air garam, dimasak diatas api kecil hingga gula benar2 larut. Selagi panas segera campurkan dengan susu, jangan tunggu dingin. Kalo tunggu dingin gula akan menggumpal lagi.
- Setelah gula dan susu tercampur rata, boleh ditunggu dingin dulu baru masukkan mentega putihnya dan kocok sampe mengembang.
- Kalo mau ditambahkan Hollman softcream, kocok dulu campuran diatas, setelah tercampur baru holman dimasukkan terakhir.

Sumber:
Ani Lizzarni (via milis NCC) dan Buku 'Serba-Serbi Cupcake'
http://lizzarni.multiply.com
http://kueratu.blogspot.com
http://ratu165.multiply.com

================

(2) Buttercream Icing ala Hollman

Bahan:

1000 gr Hollman Soft Cream
1000 gr mentega putih
750 gr gula buttercream/susu kental manis
50 susu bubuk full cream
50 cc rhum butter cream Toffieco (optional)

Cara Membuat:
1. Kocok semua bahan menjadi satu kecuali susu bubuk fullcream, kurang lebih 15 menit.
2. Masukkan susu bubuk full cream sambil diayak, kocok kembali kurang lebih 10 menit sampai mengembang dan halus.
3. Buttercream siap dipakai.

Note:
Hollman Soft Cream akan mengembang volumenya menjadi dua kali lipat setelah dikocok.

Sumber: kemasan Hollman Soft Cream

================

(3) ButtercreamLembut dan Tidak Eneg ala Nenis



Rasa Vanilla
1000 gr Mentega putih
250 gr Hollman softcream
350 ml Simple syrup / gula cair siap beli di TBK
1 kaleng Susu kental manis cap Enak
Vanilla cair secukupnya
Rasa Keju
Vanilla cair diganti dengan 100 gr cream cheese

Cara Membuat:
1) Kocok mentega putih hingga lembut
2) Masukan gula cair, kocok lagi
3) Masukan softcream nya, lalu susu, kocok hingga mengembang dan lembut
4) Terakhir masukan vanilla (atau keju), kocok lagi.
5) Siap digunakan.

Catatan: BC ini cukup kokoh untuk dijadikan mawar BC.

(4) Buttercream Enak untuk Cupcake ala NCC (note: ditambahkan 30 Apr 2010)
Bahan2:
100gr mentega putih
100gr merrywhip
100gr eisella whip
100gr glukose/gula cair

Cara Membuat:
1) Kocok semua bahan kurleb 30 menit sampai menjadi krim yang lebut dan homogen
2) Tambahkan pasta jika suka
3) Lebih spesial ditambah cream cheese

=================

(5) Butter Cream Mocca
(note: ditambahkan 1 Juni 2010)
Original recipe by Lanny Soechan, modified by Vita

Bahan2:
125 gr mentega putih
125 gr merry whip
125 gr margarine Blueband (atau apapun yang salted)
200 ml susu kental manis putih
3 sdm mocca pasta (aku pakai Seruni campur Toffieco)

Cara membuat:
Kocok sampai mengembang. Aku pakai merry whip, karena ingin dapat efek mengembang spt sifatnya soft cream.
Margarine, pilih yang asin ya, ada beberapa margarine dapur yang rasa asin nya kurang kuat, nah itu hasilnya kurang gurih. aku suka dengan hasil warna coklatnya, plus rasanya juga uenaaaak...

-Vita-
http://dapurnyavita.blogspot.com
http://edible-photo.blogspot.com

(6) Buttercream Coklat
(note: ditambahkan 13 Sep 2010)
By Rachmah Setyawati


Bahan2:
350 gr MerryWhip Gold Bullion
500 gr Mentega Putih
1/2 kaleng SKM
150 gr - 175 gr Gula Cair (tergantung selera manisnya)
1 sdt vanili essence
75gr DCC, cairkan, tunggu hingga tidak hangat tp masih cair

Cara Membuat:
- Kocok semua jadi satu, kecuali DCC cair
- Kalo sudh tercampur rata dan mengembang, baru masukkan DCC cair, aduk rata


(7) Resep Buttercream Coklat ala Yasaboga
(note: ditambahkan 29 Oct 2010)
Hasil sharing oleh Viency


Bahan2:

250 gr unsalted butter (elle n vire)
225 gr gula halus
100 gr coklat bubuk (bensdorp)
2 sdm rhum
Cara:
Kocok lembut butter + bahan lainnya sampai rata.
http://dapursolia.blogspot.com/2009/11/aneka-resep-buttercream.html
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

ANEKA RESEP BUTTERCREAM

BUTTERCREAM BIASA
Bahan :
1 kg Mentega putih (shortening)
600 ml Simple syrup
Cara membuat :
Kocok semua bahan tersebut sampai lembut.
Source : Monica

BUTTERCREAM ISTIMEWA
Bahan :
800 gr Shortening
200 gr Hollman softcream (royal margarine)
1 klg Susu kental manis
50 gr Susu bubuk
600 ml Simple syrup
3 sdm Rum
Cara membuat :
Kocok semua bahan tersebut sampai lembut.
Source : Monica

BUTTERCREAM LEMBUT
Bahan :
500 gr Merry whip
500 gr Shortening
500 gr Simple syrup
25 gr Susu fullcream
2 sdm Rum
Cara membuat :
Kocok semua bahan tersebut sampai lembut.
Source : Monica

BUTTERCREAM PUTIH TELUR
Bahan :
400 gr Gula pasir
150 gr Air
200 ml Putih telur
750 gr Shortening
250 gr Hollman softcream
½ klg Susu kental manis
Cara membuat :
· Masak gula + air sampai kental.
· Kocok putih telur hingga kaku, tambahkan air gula, kocok terus hingga dingin.
· Masukkan shortening, hollman, kocok.
· Tambahkan susu kental manis, kocok hingga lembut.
Source : Monica

BUTTERCREAM 1
Bahan :
500 gr Hollman softcream
500 gr Snow white
300 gr Glucose
3 sdm Susu bubuk
Cara membuat :
Kocok semua bahan tersebut sampai lembut.
Source : Tyas
BUTTERCREAM 2
Bahan :
800 gr Mentega putih
200 gr Butter
600 gr Gula pasir
300 gr Air
½ klg Susu kental manis
Cara membuat :
· Masak gula + air sampai kental.
· Campur mentega putih, butter, air gula, dan susu kental manis jadi satu, kocok hingga lembut. Kurang lebih 30 menit, , dengan kececpatan sedang.
Source : Susun
 
BUTTERCREAM 3
Bahan :
1 kg Mentega putih
1 kg Mentega putih tawar
2 klg Susu kental manis
Cara membuat :
Kocok semua bahan tersebut sampai lembut.
Source : Fatmah Bahalwan

BUTTERCREAM 4
Bahan :
500 gr Mentega putih Australia
1 klg Susu kental manis
250 gr Gula halus
Cara membuat :
Kocok semua bahan tersebut sampai lembut.
Source : Sterna

BUTTERCREAM 5
Bahan:
800 gr mentega putih
150 gr margartin
300 gr gula, didihkan dengan 100 ml air, masak hingga mengental, dinginkan
1/2 kaleng susu kental manis
50 gr gula halus
1/4 sdt garam halus
1 sdm rum

Cara Membuat:
1. Kocok mentega putih, margarin, susu kental manis, sirup gula dan garam. Mixer hingga lembut dan ringan.
2. Tambahkan rum, kocok kembali hingga tercampur rata. Diamkan beberapa saat sebelum butter cream digunakan.
Source : Budi Sutomo
 

10 komentar:

  1. thanks atas sharing info about krim nya
    buat saya yg newbie sangat-sangat berguna. Sukses terus yah mbak..

    BalasHapus
  2. SAMA2...TERIMAKASIH...saya juga sama2 blajar, smoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. buttercream nya bisa dikasih pewarna yah? kalo aku mau pakai hias?
    thx yah infonya?

    BalasHapus
  4. belum nyoba se, tapi trims infonya mb

    BalasHapus
  5. dari sekian banyak resep buttercream, yg mana ya yg bagus untuk menghias cupcake tp jg mudah dibuat? soalnya aku nyoba bikin buttercream tp terlalu lembut jd ga bisa berbentuk setelah disemprotin pake spuit. itu knp ya? makasii

    BalasHapus
  6. Artikel yg luar biasa. Telah menjawab kebingungan saya tentang istilah2 cream yg dugunakan di resep2 yg sy lihat. Makasih banyak.

    BalasHapus
  7. klu krim yg dijadikan sebagai bahan es krim lebih tepatnya yang mana ??

    dan krim susu/ kepala susu bisa di jadikan bahan membuat es krim ga ??

    BalasHapus
  8. WAAH lengkap bener mba,, kebetulanm lagi bingung membedakan nih,, ijin copy ya mba, boleh tah??

    thx b4

    BalasHapus
  9. Infonya sangat bermanfaat mbak.

    Tapi saya mau tanya, apakah double cream, butter cream, dan whipped cream itu sama??

    Dan saya sedang mencoba membuat puding dengan campuran double cream, apa bisa diganti dengan butter cream??

    BalasHapus
  10. makasih infonya....bermanfaat sekali

    BalasHapus