Senin, 18 April 2011

Mengenal Aneka Bahan Kue

BAKING POWDER
adalah adalah bahan kimia kering yg digunakan untuk meningkatkan volume dan meringankan tekstur makanan yang dipanggang. Baking powder bekerja dengan melepaskan gas karbon dioksida yg terjebak di dalam adonan melalui reaksi asam-basa, menyebabkan gelembung dalam campuran basah untuk memperluas sehingga makanan bisa berkembang.

SODA KUE
atau nama aslinya sodium bicarbonate, sering juga disebut sbg soda kue, adalah bahan penting pembuatan baking powder. Ketika dikombinasikan dgn bahan asam, soda kue akan memproduksi karbon dioksida dan mengembangkan adonan. Soda kue biasanya digunakan ketika resep menyertakan bhn2 asam spt buttermilk atau sour cream.


Bisakah baking powder dan soda kue saling menggantikan???
Baking powder dlm keadaan terpaksa dpt digantikan dgn soda kue, namun tdk sebaliknya.
Jika di rumah sedang kehabisan baking powder, kita dpt membuatnya dgn campuran 1/2 sdt cream of tartar dan 1/4 sdt soda kue.


OVALET atau VX sebenarnya hanya merupakan MERK DAGANG.
Keduanya adalah EMULSIFIER. EMULSIFIER, adalah pengemulsi adonan. Adonan yang ditambah emulsifier akan lebih stabil, mudah mengembang, tercampur dengan sangat rata, tidak terlalu cair dan tidak terlalu padat, tidak mudah berubah karena pengaruh lingkungan.

Ketika adonan telur dan gula dikocok sampai naik, lalu ditambahkan emulsifier, akan menjadi lebih kental dan rata, dan tidak turun walaupun mengantri oven.
Sementara adonan yang tidak ditambahi emulsifier biasanya lebih encer, dan mudah turun kalau didiamkan lama (mengantri oven). Selain ovalet dan VX, di pasaran ada juga merk lain spt TBM dan SP.


BREAD IMPROVER
berbentuk seperti tepung, cara pemakaiannya langsung dicampur dengan bahan kering, adalah bahan yang dapat membantu meningkatkan kualitas roti, seperti membuat serat roti jadi halus, menghasilkan volume dan kulit roti yang bagus, memperpanjang umur simpan, dan mempercepat proses fermentasi.
Dalam pembuatan roti, bahan ini bisa dihilangkan dengan konsekuensi kehilangan manfaat di atas. Di pasaran tersedia dalam berbagai merk, antara lain Baker's Bonus.

GIST atau Yeast atau juga Ragi
merupakan mikro organisme dari jenis Saccharomyces Cerevisieae, yang dalam pembuatan roti berfungsi memfermentasikan karbohidrat pada tepung dan menghasilkan CO2 serta alkohol.
Adonan akan mengembang ketika gluten memperangkap gas CO2, sedangkan alkohol akan teruapkan selama pemanggangan. Ragi juga membuat adonan menjadi elastis dan lekat sehingga menaikkan rasa dan aroma roti.

Macam-macam ragi:

1. Ragi segar (compressed yeast), berbentuk padat segar dan mengandung 70% kadar air. Harus disimpan dalam lemari es.
2. Ragi koral (active dry yeast), berbentuk koral dengan kandungan air 7,5%. Untuk mengaktifkannya, rendam dalam air bersuhu 40*C dengan perbandingan ragi dan air 1:4 selama 10 menit atau lebih.
3. Ragi instan (instan dry yeast), berbentuk butiran, sangat praktis karena dapat langsung dicampurkan dengan bahan kering lainnya (kecuali garam yang dapat mematikan kerja roti).


CREAM OF TARTAR
adalah hasil sampingan dari proses pembuatan wine, berfungsi untuk menstabilkan putih telur yg dikocok, mencegah pengkristalan pd sirup, mengurangi kekusaman warna pd sayuran yg direbus, dan juga bhn campuran dlm pembuatan baking powder.
Cream of tartar dpt digantikan dgn cuka atau jeruk nipis, atau tdk digunakan sama sekali.



Sumber: Yahoo.

1 komentar: