Senin, 11 April 2011

Brownies Kukus Ala Bu Mu'

ni resep asli dari ibuku tersayang, ibu mu'arofah zahid, rasanya..... jujur, aku g pernah  makan kue brownies selezat dan seenak  ini..... cuman, kalo aku sehari2 resep dari ibuku aku modifikasi sendiri, coklat bubuknya g pake vanhauten tapi pake bubuk coklat bensdrop n SP nya aku pke 1 Sdm Pueenuhh. kadang aku kukus, kadang aku oven ( hasil 1 loyang uk 26x26).

bahan:
  • tepung terigu 1 ons
  • telor 6
  • mentega 1 ons (dicairkan dulu lalu dinginkan)
  • gula pasir 2 ons
  • coklat bubuk vanhauten 45 gr
  • susu bubuk dancow coklat 1 bungkus
  • SP 1/2 Sdm
loyang 18x18 (kalo masukin loyang, air nya harus benar2 mendidih terus dimasukin dech n GAK PERLU dikasih serbet  tutupnya kalo pake panci kaca lho) tapi ada yg bilang tetep hrs pke serbet soalnya atasnya gak runcing jd mash bisa netes kebawah airnya

loyang 10x18

aku pake api GEDE biar cepet matang ( kalo kukus g beda jauh hasilnya kalo pke api sedang ato besar, bedanya cuman boros gas hahaha :p ) namanya juga brownies kukus jadi hasilnya gak terlalu mengembang kayak panggang
hiasan :
krim, keju/ coklat blok

cara :
1)kocok telor, gula dan SP sampai mengembang dg mixer (kecepatandari 1-5 bertahap). setelah mengembang (tandanya kalo dicolek dan digoyang2kan kebawah adonan gak jatuh kebawah) , turunkan kecepatan mixer.
2)(ayak tepung terigu dan coklat bubuk n susu dalam 1 wadah lalu sisihkan----> dilakukan sebelum mengocok telur dkk) masukkan tepung terigu dg sendok ke dalam adonan telor sedikit demi sedikit pake mixer (kecepatan rendah) sampai tercampur rata, matikan.
3)masukkan mentega cair sambil diaduk pake pellet
4)tuang dalam loyang (jadinya 2 loyang (18x18) dan (10x18))
5)kukus selama 20 menit atau hingga matang (lakukan tes tusuk)
6)angkat n hiasi sesuai selera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar